1). Joplin, Scott.
Joplin, Scott \ Scott Joplin lahir di
Texas, kemungkinan di Texarkana, di mana ia dibesarkan, 24 November 1868. Ia
meninggal pada tanggal 1 April 1917.
Dia adalah komposer jazz besar pertama dan komposer yang paling terkenal untuk lagu-lagu instrumental Ragtime.
Dia adalah komposer jazz besar pertama dan komposer yang paling terkenal untuk lagu-lagu instrumental Ragtime.
Setelah belajar musik Eropa, dia membuat komposisi dari
elemen-elemen musik tradisional Afro-Amerika dan Eropa dan menghasilkan style
musik Rag yang sangat terkenal.
Meskipun
orang tuanya adalah budak, sebagai seorang anak Joplin tetap giat belajar musik
terutama piano klasik.
Dia kemudian bekerja sebagai musisi tari, dan pada sekitar usia 20 ia menjadi pianis keliling, dan berkeliling di seluruh Midwest.
Komposisi lagu pertamanya, "Please Say You Will," diterbitkan pada tahun 1895 dan lagu-lagu sentimental lainnya, yang diikuti lagu-lagu March.
Pada 1899 "Maple Leaf Rag" menjadi lagu yang paling populer pada masa itu, dan
Joplin mendapat royalti seumur hidup dari sini.
Dia kemudian bekerja sebagai musisi tari, dan pada sekitar usia 20 ia menjadi pianis keliling, dan berkeliling di seluruh Midwest.
Komposisi lagu pertamanya, "Please Say You Will," diterbitkan pada tahun 1895 dan lagu-lagu sentimental lainnya, yang diikuti lagu-lagu March.
Pada 1899 "Maple Leaf Rag" menjadi lagu yang paling populer pada masa itu, dan
Joplin mendapat royalti seumur hidup dari sini.
Dia
kemudian dinobatkan sebagai "Raja Ragtime." Meskipun ia menulis 41
lagu Rag, serta lagu-lagu March dan opera Treemonisha, Joplin tidak pernah
diakui sebagai komposer yang serius dalam hidupnya.
Pengakuan
datang kemudian, namun dengan publikasi ulang dari musiknya pada thn.1972 dan
Pulitzer Prize (1976), Joplin mendapat pujian dari karya-karya nya tersebut dan
juga pengakuan serta pujian dari masyarakat kalangan ilmiah.
Discography:
Scott Joplin in Ragtime, vol. 3 Biograph,1010Q; Scott Joplin - 1916 Biograph.
Morton, Jelly Roll \ Ferdinand Joseph
La Menthe "Jelly Roll" Morton la hir di Gulfport Louisiana, 20 September 1885. Dia meninggal 10 Juli 1941.
Ia
adalah salah satu pianis dan arranger Jazz besar pertama dan mungkin orang
pertama yang menemukan dan menerapkan teori tentang Jazz.
Gunther Schuller seorang
Komposer dan sejarawan Jazz mengatakan tentang Morton dalam bukunya "Early
Jazz" bahwa "pengaturan komposisi terbaik-Nya tidak hanya dalam
orkestra, tetapi susunan harmonisasi dibuat dengan hati-hati di mana semua
detail instrumentasi, kombinasi suara dari ritmis dan harmonis counterpoint
direalisasikan sebagai elemen komposisi yang tidak terpisahkan".
Dalam ber-improvisasi,
Morton menggunakan semua kombinasi elemen nada yang disebutkan sebelumnya dalam
bermain piano solonya.
Morton adalah seorang yang
sombong dan egois, dia mengklaim bahwa
"dia yang menemukan jazz sekitar tahun 1905". Dalam era dua
puluhan, bersama "Red Hot Peppers" ia menghasilkan beberapa rekaman dengan
gaya musik New Orleans.
Morton belajar seni musik
sebagai pianis Ragtime di bordellos New Orleans dan Storyville. Gaya permainan
piano'nya cenderung bergaya orkestra dan dia adalah salah satu arranger pertama
yang baik dalam musik jazz.
Karena sikap sombongnya,
maka ia selalu merasa terpisah dari teman-teman jazz hitamnya. Dikatakan bahwa
Duke Ellington memiliki ketidaksukaan pribadi pada Morton atas kemampuannya.
Dia diasingkan dari para
musisi jazz utama dan tidak boleh tampil dihadapan penonton dan itulah awal
kejatuhannya.
Sebelum dia meninggal pada
tahun 1941, dia direkam dan selama sebulan di-wawancara dengan Alan Lomax,
berbicara tentang awal mula musik New Orleans, kehidupannya dan bermain piano
dengan gaya'nya.
Ini rekaman untuk
Perpustakaan Kongres dan biografi besar berikutnya. Lomax berkata ini,
"Tuan Jelly Roll" merupakan kontribusi yang sangat berharga untuk
sejarah jazz.
Discography: Immortal
Jelly Roll Morton; Jelly Roll Morton,
1923-1924 - Milestone; Jelly Roll Morton, 1926-1927, Vol.3 - RCA France; Rare
Piano Rolls, 1924-1926.
3).
Waller, Fats.
Waller, Fats \ Thomas "Fats" Waller lahir di New
York City, 21 Mei 1904.
Dia meninggal pada 15
Desember 1943 pada usia 39 tahun.
Fats adalah seorang musisi
fenomenal yang dapat bermain piano, organ dan biola. Dia adalah seorang komponis
produktif yang bisa menyiapkan pertunjukan hanya dalam beberapa menit. Dia
memiliki rasa humor dan nafsu makan yang besar untuk makanan, minuman,
bersenang-senang dan gaya hidup yang tinggi, yang semuanya dikombinasikan
dengan musik yang luar biasa, dan membuatnya menjadi seorang penghibur yang
luar biasa.
Dia belajar piano klasik
dengan ibunya sejak anak-anak dan kemudian menemukan gaya bermain piano
Ragtime. Pada awal tahun 1920, Waller menjadi murid dari pianis terkenal James
P. Johnson.
Dia memiliki tangan yang
sangat besar yang mampu menjangkau 13 tuts.
George Shearing pernah
berkata bahwa menjabat tangan Waller rasanya seperti memegang sekelompok
pisang. Dikatakan juga bahwa tangan kirinya tidak hanya bisa mengganti bagian
rhythm (pengiring) tapi juga seluruh band!
Dia
mencampur / mengkombinasikan gaya permainan Ragtime, Boogie Woogie, Stride,
Dixieland, dan Swing sehingga menghasilkan harmonisasi musik yang unik, ciri
khas dari Waller. Ini menjadi pengaruh besar bagi sebagian besar pianis jazz
generasi berikutnya seperti Earl Hines, Hitung Basie dan Art Tatum.
Penampilan di radio dan di
beberapa film, seperti "Stormy Weather" pada tahun 1943, membawa
bakat Waller dikenal khalayak luas. Dia adalah Komposer Jazz besar yang menulis
skor lengkap untuk acara seperti "All-Black Shows as 'Keep Shufflin'
" pada tahun 1928 dan "Hot
Chocolates" pada tahun 1929.
Coleman Hawkins mengatakan
"Waller bisa menulis lagu secepat dia bisa bermain piano". Beberapa
hits nya antara lain adalah "Honeysuckle Rose", "Ain't
Misbehavin'", "Jitterbug Waltz",
The Joint is Jumpin" dan "Black and Blue."
Fats meninggal dalam
perjalanan kereta api pada tahun 1943. Penyebab kematian yang tercatat adalah
penyakit influenza.
Discography: Ain't
Misbehavin'; Complete Fats Waller; Piano Solos; Fats Waller Plays Fats Waller;
Rare Piano Rolls.
4).
Tatum, Art.
Tatum, Art \ Art Tatum lahir di Toledo, Ohio, 13 Oktober
1910. Ia meninggal pada tanggal 4 November 1956.
Tatum
adalah Pianist Jazz Classic. Dia adalah seorang virtuoso yang secara teknis
dapat disandingkan dengan pianist konser sekaliber Rubinstein.
Teknik bermainnya yang
menakjubkan adalah sumber "intimidasi" bagi banyak pianist lainnya.
Virtuoso klasik seperti
Vladimir Horowitz dan Walter Gieseking dikatakan telah duduk kagum pada
penampilannya di Onyx Club on 52nd St di New York. Penguasaan Tempo, Rhitmik
dan pembagian harmonisasi (tangan kanan dan kiri) yang sempurna belum
tertandingi dalam dunia piano solo. Tatum pernah mengatakan pada Bud Powell
dalam acara "Cutting-Contest" (dimana Powell muncul dalam kondisi mabuk), kemudian saat
dia siuman dan kemudian kembali, mengatakan bahwa "apa pun yang anda
mainkan dengan tangan kanan akan saya mainkan dengan kiri".
Meskipun
dia piawai dalam membuat komposisi Band combo, tapi dia lebih sering tampil
dengan group Trio-nya.
Art Tatum pada dasarnya
seorang pianist solo. Dia mendapat pengaruh pianistic kuat dari tahun 1930
sampai kematiannya.
Dia bisa bermain setiap lagu dengan pengembangan harmonisasi dan repertoar yang luas dalam sembarang tuts. Meskipun sebelumnya telah ada Fats Waller dan Earl Hines, yang telah melakukan banyak perubahan dalam gaya bermain Ragtime Classic dan Stride. Tatum menambahkannya dengan sentuhan dan aksen halus dan imajinasi yang harmonis. Gaya bermainnya adalah campuran teknik Piano Classic (seperti Arpeggio, Cadenzas, Counterpoint, Triad dll) dengan perasaan/feel yang kuat pada blues.
Trio dengan gitaris kecil Grimes dan Slam Stewart memiliki dampak yang besar dan abadi pada salah satu murid terbesarnya yaitu Oscar Peterson.
Dia bisa bermain setiap lagu dengan pengembangan harmonisasi dan repertoar yang luas dalam sembarang tuts. Meskipun sebelumnya telah ada Fats Waller dan Earl Hines, yang telah melakukan banyak perubahan dalam gaya bermain Ragtime Classic dan Stride. Tatum menambahkannya dengan sentuhan dan aksen halus dan imajinasi yang harmonis. Gaya bermainnya adalah campuran teknik Piano Classic (seperti Arpeggio, Cadenzas, Counterpoint, Triad dll) dengan perasaan/feel yang kuat pada blues.
Trio dengan gitaris kecil Grimes dan Slam Stewart memiliki dampak yang besar dan abadi pada salah satu murid terbesarnya yaitu Oscar Peterson.
Oscar Peterson yang
membentuk trio sendiri di era tahun 50'an, dan menggunakan instrumentasi yang
sama (Barney Kessel atau Herb Ellis pada gitar dan Ray Brown pada Bass).
Album rekaman dari Art Tatum : Masterpieces (1941 -
1944) dan (MCA) menunjukkan trio ini pada kinerja puncak. Kemudian, Tatum mulai
mengorbankan Tempo untuk memainkan musik dengan cakupan harmonisasi yang luas.
5). Hines, Earl.
5). Hines, Earl.
Hines, Earl \ Earl Kenneth "Fatha" Hines lahir di
Duquesne, Pennsylvania pada tanggal 28,1905. Dia meninggal pada April 22,1983.
Hines salah satu pianis jazz terkemuka selama lebih dari 50 tahun.
Ia belajar piano sejak anak-anak dan memimpin kelompok Trio Jazz di Universitas.
Ia belajar piano sejak anak-anak dan memimpin kelompok Trio Jazz di Universitas.
Hines pertama kali bertemu
Louis Armstrong di Chicago sekitar tahun 1925 saat acara "Game Pool".
Terkesan dengan group Band yang sedang tampil dipanggung saat itu, kemudian Louis naik ke panggung untuk duduk dibelakang piano dan mengajak bermain bersama. Dan Hines setuju untuk bermain bersama.
Terkesan dengan group Band yang sedang tampil dipanggung saat itu, kemudian Louis naik ke panggung untuk duduk dibelakang piano dan mengajak bermain bersama. Dan Hines setuju untuk bermain bersama.
"Ketika saya bertemu
Louis", kenangnya, "Ia bermain dengan gaya yang sama seperti yang aku
mainkan di cornet (instrumen pertama Hines).
Rekaman dengan Louis
Armstrong pada akhir tahun 1920 telah membawanya pada pengakuan nasional.
Dia awalnya bermain gaya
Piano Stride tapi kemudian berubah menjadi lebih "Horny" seperti
pendekatan nada-nada pada trumpet dan horn. Oktaf di tangan kanan terdengar
seperti lintasan nada-nada terompet Louis Armstrong. Gayanya adalah gabungan Arpeggio
cepat, melodi oktaf, Poly-Chord dan Counter-Melody di tangan kiri.
Dalam mengadopsi gaya
Louis Armstrong ini yang diaplikasikannya untuk piano, Hines memulai dengan
membuat sebuah sekolah musik. Ini yang akan membuat pengaruh para murid-murid
yang datang belajar, seperti Mary Lou
Williams, Teddy Wilson, Nat "Raja" Cole dan Bud Powell.
Dia adalah seorang
instrumentalis canggih yang bermain dengan karakter suara keyboard dengan
orkestrasi penuh. Dialog (Phrase Jazz) nya panjang dan melodius. Hines memimpin
beberapa band penting tahun 1940-an dan terus bermain sebagai solois dan juga
dalam kelompok Jazz kecil sampai minggu sebelum kematiannya pada tahun 1983.
Discography: Monday Date (1928); Another Monday Date 1956); Father Jumps (2
records, 1939-45); All-Stars (vols. 1
and 2,mid-1950s).
6).
Cole, Nat King.
Cole, Nat King \ Nat King Cole,
awalnya bernama Nathaniel Adams Coles lahir di Montgomery, Alabama pada tanggal
17 Maret 1919. Ia meninggal pada tanggal 15 Februari 1965. Meskipun lebih dikenal
khalayak seluruh dunia sebagai vokalis, master balada romantis dengan rasa
sempurna dari "lapangan", ia sebenarnya adalah salah satu pemain
piano jazz terbaik dari dari era 40'an.
Bermain awal-nya
dipengaruhi oleh Earl Hines dan Fats Waller tapi ia kembangkan dengan gaya
khas'nya yang selalu dijaga sepanjang karirnya. Nat adalah salah satu musisi
Jazz yang langka, seperti Louis Armstrong, dia adalah seorang musisi yang
bernyanyi sambil bermain piano.
Pianistically, Nat
memiliki sentuhan ringan, selalu berayun mudah. Dia memiliki bakat untuk
improvisasi linear dan tampaknya memiliki semua ketangkasan teknis yang
membuatnya terdengar alami, mudah didengar dan sempurna.
The Nat King Cole Trio
dibentuk pada tahun 1940, dengan Oscar Moore pada gitar dan Wesley Prince pada
Bass. Mereka membuat serangkaian rekaman yang sangat sukses, terutama kerjasama
dengan para musisi lain.
Nat bermain piano selalu
'di saku'. Dia menunjukkan pianis lain bagaimana untuk membuat ayunan beat yang
tegas dan efektif tanpa harus menggunakan drum. Salah satu andalan'nya
adalah harmonisasi block-chord, di mana
membuat melodi yang harmonis dengan menggunakan posisi "closed"
harmoni.
Bill Evans mengaku
mengagumi Nat sebagai pianis jazz. Sentuhan dan nuansa beat'nya juga berpengaruh
pada Oscar Peterson, Wynton Kelly dan Herbie Hancock.
Atas permintaan pemilik
klub pada suatu malam, Nat menyanyikan sebuah lagu dan selanjutnya permain
piano khas'nya. Suara'nya yang lembut dan kalimat yang sempurna serta iringan
piano'nya sendiri, benar-benar menghanyutkan para penonton malam itu.
Kemudian di era 40'an, Nat
membentuk Band pengiring Trio dan ditambah Nat sebagai vocalist. Sejak saat
itu, Nat lebih banyak bernyanyi daripada bermain piano. Ketenaran dan
keberuntungan dari sejumlah hits'nya antara lain : "Unforgettable",
"Route 66", "Straighten
Up and Fly Right", "Mona Lisa",
"Ramblin 'Rose", "Sweet "Lorraine". Dia menjadi orang
pertama Penyanyi kulit hitam dari lagu-lagu populer yang bisa diterima oleh
masyarakat secara umum.
Pada 1956-1957 ia adalah
satu-satunya musisi kulit hitam yang memiliki acara serial-TV sendiri. Dan pada tahun 1960-an sejumlah
film, klub malam dan penampilan konser'nya menjadi terkenal diseluruh dunia.
Putrinya, Natalie Cole,
sekarang menikmati kesuksesan yang setara dengan ayahnya.
Discography: Capitol Jazz Classics: Trio Days,Capitol; Jazz at the Philharmonic: The Historic
Recordings,Verve; Nat King Cole and George Shearing, Capitol
7).
Monk, Thelonious.
Monk, Thelonious \ Thelonious Sphere
Monk lahir di North Carolina pada tanggal 10 Oktober 1918. Ia meninggal pada
tanggal 17 Februari 1982. Pada awal 40-an, Monk (bersama dengan Dizzy Gillespie
dan Charlie Parker) adalah salah satu pendiri asli dari Bebop-Movement. Gaya
bermain piano'nya didapat dari permainan Stride gaya khas dari James P. Johnson
dan Duke Ellington. Dimana sebagian besar pemain Bebop selalu bermain pada
garis yang memiliki kurva melody, sedangkan garis Monk memiliki sudut melody
yang tajam. Improvisasi-nya, sambung-menyambung dan berombak seperti sebuah
serangan yang bertubi-tubi dan selalu provokatif.
Meskipun ia bermain di
band dengan Dizzy Gillespie dan dengan Coleman Hawkins, sebagian besar
pekerjaan Monk adalah sebagai solois piano atau sebagai pemimpin
kelompok-kelompok kecil, biasanya kuartet yang menampilkan pemain tenor seperti
Johnny Griffin, Charlie Rouse & John Coltrane.
Sebagai komposer ia
memberikan kontribusi banyak pada bagian-bagian yang masih standar dalam
repertoar jazz. Diantaranya adalah "Round Midnight", "Ruby
My Dear", "In Walked Bud", "Well You Needn't", "I
Mean You", "Epistrophy" and "Straight No Chaser."
Miles Davis berkata
tentang dia; "Man, Monk mengajarkan saya lebih banyak tentang musik
daripada orang lain di '52nd Street'".
Pada tahun 1964 ia membuat
sampul majalah Time. Pada akhir 50-an, Monk bermain dengan Quartet'nya
(biasanya menampilkan John Coltrane), selama dua tahun di Five Spot di New York
City. Klub ini selalu penuh, sebagian karena topi lucu Monk, kacamata hitam dan
panggung eksentrik. Manipulasi harmonisasi membentang menembus batas-batas
nada/suara jazz konvensional.
Monk biasa memainkan
lagu-lagu standard lama seperti "Tea for Two" atau "Just a Gigolo", dan menyelaraskan struktur chord, menerapkan
interval yang tidak biasa, disonansi, substitusi tri-nada dan perpindahan
Irama.
Bill Evans menulis bahwa
Thelonius Monk adalah "seorang yang punya bakat kreatif yang luar biasa.
Jangan salah, orang ini tahu persis apa yang dia lakukan dengan cara teoritis
... Kita bisa lebih berterima kasih kepadanya karena menggabungkan bakat,
wawasan, instrumentasi, kasih sayang, fantasi dan apa pun yang membuatnya
menjadi artis yang total ... dia dapat bertahan di'era tekanan konformis".
Pada 70-an, penampilannya
menjadi lebih jarang karena penyakit yang diderita, yang tampaknya mempengaruhi
kondisi mentalnya. Sampai kematiannya pada tahun 1982 dengan istrinya Nellie di
sisinya.
Sebuah film dokumenter "Straight,
No Chaser" yang diproduksi oleh Clint Eastwood adalah salah satu film terbaik
sampai sekarang, yang menceritakan tentang Jazz.
Discography: Complete Genius (1947-52); High Priest (1963-64); Pure
Monk; In Person; The Riverside Trios; At The Five Spot; Thelonius Monk: The
Complete Genius (1047 - 1952); Monk/Trane.
8).
Peterson, Oscar.
Peterson, Oscar \ Oscar Peterson Emmanuel lahir di Montreal,
Kanada pada tanggal 15 Agustus 1925. Ia dididik secara mendalam pada
piano-klasik dan berlatih tanpa kenal lelah selama bertahun-tahun, dan sering
berlatih dalam 12 jam sehari.
Ketika ia berusia 23, ia
secara tidak sengaja ditemukan oleh Norman Granz yang saat itu mendengar
permainan piano Oscar lewat radio di dalam taksi di Montreal.
Dibawa ke New York oleh
Granz, Oscar membuat debut Amerika spektakuler pada tahun 1949 pada acara
"Jazz di Philharmonic" konser di Carnegie Hall. Sejak tahun itu, ia telah masuk peringkat di
antara yang paling populer dari para artis jazz.
Oscar adalah seorang
pianis yang tahu bagaimana 'berayun' dari satu bar ke bar lainnya.
Dalam group Trio'nya
di-era 50'an yang menampilkan Ray Brown pada bass dan Barney Kessel atau Herb
Ellis pada gitar (di era 60'an Ed Thigpen pada drum digantikan gitar) adalah
salah satu group yang solid.
Oscar keluar dari sekolah
musik "Art Tatum" dan dia sering menampilkan gaya permainan Art Tatum
pada banyak kesempatan, karena rasa kagum'nya pada Tatum.
Ia juga seorang pengagum
Nat Cole. Seorang pemain virtuoso, dia adalah salah satu pianis yang legendaris
dalam jazz, yang tahu berbagai macam gaya piano dari tahun 1920-an, dari gaya
Stride sampai gaya Jazz Modern.
Dia telah mencatat dengan
group Trio terkenal dan dengan banyak musisi terkemuka di'era pasca 1940.
Pengkritiknya mengatakan
bahwa penampilan teknik-piano'nya lebih menonjol daripada kreativitasnya.
Kritikus Max Harrison yang
menulis pada tahun 1960 dalam "Jazz Review", mengatakan bahwa
"(Peterson) tampaknya lebih condong bermain piano dengan tehnik-tehnik'nya
dan tidak berfokus untuk membuat lagu
/ musik".
Beberapa
karya trio paling definitif dapat didengar pada tahun 1956, saat rekaman live
di Stratford, Kanada, pada event "In Concert".
Ray Brown tetap dengan
trio sampai 1967. Pada 70-an dan 80-an Oscar membuat banyak rekaman untuk
"Granz Pablo Label", sering bermain dengan gitaris Joe Pass and
bassist Neils Henning Peterson.
Discography: History of an Artist; Montreux Collection; Return Engagement; Trio; Oscar Peterson and
Roy Edridge; Oscar Peterson and Dizzy
Gillespie.
9).
Evans, Bill.
Evans, Bill \ William John Evans lahir
di Plainfield, NJ, pada 16 Agustus 1929. Ia meninggal pada tanggal 15 September
1980.
Setelah Bud Powell, Bill
adalah seorang inovator dan berpengaruh pada para pianis jazz berikutnya.
Gaya'nya yang unik, dan telah banyak ditiru oleh banyak pianis, terutama pada
"Voicings", permainan dinamika, dan sentuhan yang introspektif.
Improvisasi nya cenderung
lembut dan berbasis Tangga-Nada (Voicing pada tangan kiri sering menggunakan
Interval setengah langkah yang ditempatkan di tengah chord).
Ia bergabung dengan Miles
Davis Sextet pada tahun 1959, menggantikan Red Garland tapi sebelum akhir
tahun, dia meninggalkan Miles untuk membentuk Trio sendiri, karena para kritikus
musik dan masyarakat ingin supaya Bill tampil menonjol untuk meraih sukses yang
cepat.
Rekaman pertama Trio ini
seperti" The Village Vanguard Sessions ", telah membuktikan fakta
bahwa Bill telah menyadari tujuan musiknya.
Scott LaFaro adalah pemain
bass yang sempurna untuk jenis harmonisasi yang interaktif, dan juga seperti
drummer Paul Motian.
Bill suka mengeksplorasi
aspek piano yang lebih impresionis dan ini dicontohkan pada album "Conversations
with Myself" di mana ia melakukan
'Overdub' pada beberapa lagu. Dia bisa menggali jauh dalam sebuah lagu dan
dalam dirinya sendiri, menghipnotis dan menuntun pendengar saat mendengarkan
lagu-lagu'nya.
Dia adalah penerima
berbagai penghargaan, termasuk lima Grammy untuk album
Conversations with Myself (1963), Live at Montreux (1968), Alone
(1970), and The Bill Evans Album (1971).
Discography: (In addition to the above); The Village Vanguard Sessions;
Intuition; Montreux II; Peace Piece and Other Pieces; Kind of Blue;
Undercurrent; New Conversations With Myself; The Tokyo Concert.
10).
Hancock, Herbie.
Hancock, Herbie \ Herbie Hancock lahir di Chicago pada
tanggal 12 April 1940.
Herbie adalah seorang anak
ajaib yang memulai belajar piano dari repertoar klasik dan tampil dengan
Chicago Symphony Orchestra pada usia 11 tahun.
Dia belajar piano jazz
dengan mendengarkan rekaman George Shearing dan Oscar Peterson, menyalin
permainan solo mereka, not demi not.
Setelah kuliah, di mana ia
belajar teknik elektro dan musik, pertunjukan pertamanya adalah dengan trompet
Donald Byrd.
Pada tahun 1962 debut
album solo Herbie : "Takin 'Off". Kemudian dengan Dexter Gordon dan
Freddie Hubbard yang membuahkan hit besar pertamanya yaitu "Watermelon
Man".
Ia bergabung dengan Miles
Davis Quintet, pada tahun 1963, selama lima tahun. Dengan kelompok ini,
dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah Jazz.
Herbie melakukan beberapa permainan terbaiknya, membentuk ikatan yang erat
dengan bassist Ron Carter dan drummer Tony Williams. Dia telah membuat banyak
rekaman dengan "Rhythm Section" sejak saat itu.
Herbie juga menjadi
terkenal sebagai komposer dengan karya-karya'nya seperti : "Maiden
Voyage", "Dolphin Dance", "The Sorcerer", "Eye of
the Hurricane", "Speak Like a Child" dan tentu saja "Watermellon Man" (lagu
yang paling terkenal).
Di tahun 70-an dan 80-an
ia masuk ke dunia digital, dan merekam beberapa album yang sangat sukses
seperti "Head Hunters", "Future
Shock" (1983) dan "Sound System" (1984). Album ini menampilkan
keyboard elektronik dengan sentuhan feel yang funk.
Skor untuk film Hancock
termasuk "Blow Up" (1969), "Death Wish" (1974), "A
Soldier Story" (1984), dan "Round Midnight" (1986).
1977 album "VSOP :
The Quintet" adalah album yang pada dasarnya reuni dari band lama Miles
(dengan Freddie Hubbard bukan Miles) dan banyak penggemar Herbie yang senang
mendengar dia bermain piano akustik lagi.
Di tahun 90-an Herbie
tinggal di California dan terus menjadi sangat sibuk, bermain dengan trio nya
atau kuartet dan tur dengan banyak artis jazz sepert Wynton Marsalis dan Pat
Metheny.
Discography: Maiden Voyage; Speak Like a Child; V.S.O.P.: The Quintet;
Head Hunters. (With Miles) E.S.P.; Miles Smiles; My Funny Valentine.
11).
McKenna, Dave.
McKenna, Dave \ Dave McKenna lahir
pada 30 Mei 1930 di Woonsocket.
George Shearing mengatakan
bahwa "Dave McKenna adalah pemain favorit saya".
Dave mengkhususkan diri
dalam aliran Hard-Swing dan piano solo.
Gaya permain'nya adalah
'Low-down Walkin-Bass', yaitu tangan kanan pada bagian melodi dan comping.
Saat dia di rumah sering
bermain Bird's
Scrapple dari Apple atau bermain lagu-lagu versi
standar lama seperti "I'm In The Mood For Love".
Dia sering tampil di
Boston Coppely Hotel. Pada tahun 1949 ia bekerja dengan Charlie Ventura, dan
Woody Herman di tahun 1950 s/d 1951.
Setelah bertugas sebagai
tentara AS di Korea, ia bekerja kembali dengan Ventura dan Gene Krupa. Pada
tahun 1960'an bekerja dengan Eddie Condon dan Bobby Hackett.
Dia pindah ke Cape Cod
pada tahun 1967 dan bekerja di sekitar daerah itu.
Dia telah mencatat secara
ekstensif di Concord Jazz Records New York,pada tahun 1986. Penulis Whitney
Balliett mengatakan bahwa permainan McKenna adalah murni improvisasi. Pada
saat mendengarkan dia bermain solo, para penggemar'nya termasuk banyak musisi,
mengatakan bahwa permainan'nya bisa terdengar seperti seluruh band.
Discography: By Myself, '76; No Holds Barred, '77; Cookin' At Michael's
Pub; No Bass Hit; Major League; Plays the Music of Harry Warren; Giant Strides,
'79; Left Handed Compliment; Celebration of Hoagie Carmichael, '83
12).
Garland, Red.
Garland, Red \ Red Garland lahir
William Garland di Dallas Texas pada 13 Mei 1923. Dia meninggal pada tanggal 23
April 1984.
Red mulai bermain rumput
alang-alang seperti anak laki-laki pada umumnya, jauh sebelum ia menekuni
piano. Dia ditemukan oleh Hot Lips Page di rumahnya kota Dallas. Pada tahun
1945 ia mulai bermain dan membuat rekaman dengan para pemain yang menonjol
dikota'nya.
Pada bulan Juni 1955,
Miles Davis mencari pemain piano yang bermain seperti gaya Ahmad Jamal. Miles
mengagumi permainan Ahmad Jamal tapi dia tidak bersedia.
Miles
mengatakan, "Red tahu kalau aku menyukai Ahmad Jamal, bahwa dia adalah
pemain piano yang paling saya cari, jadi aku meminta Red untuk memberikan
karakter permainan seperti Ahmad Jamal - karena Red bermain sangat baik saat
bermain seperti karakter / gaya Ahmad Jamal".
Nomor trio, "Billy
Boy", yang menampilkan Red dalam Trio pada album "Milestones".
Red akhirnya digantikan sekitar tahun 1958 oleh Wynton Kelly.
Red juga bekerja sama
dengan John Coltrane dan Art Pepper. Dia melakukan tur dengan trio sendiri,
sampai tahun 1965 ketika ibunya meninggal. Dia kemudian kembali tinggal di
Dallas di mana ia pensiun. Dia ke New York hanya untuk membuat rekaman.
Album-Nya sendiri termasuk
sekitar tiga puluh trio LP di Prestige, Moodsville dan Jazzland label dari
tahun 1956 s/d 1962, dan Galaxy dan Muse label dari 1977 s/d 1979.
Pada tahun 1957 ia membuat
rekaman dengan beberapa sesi Quintet di Prestige dengan John Coltrane dan
Donald Byrd.
Discography: about 30 albums on Prestige; '56 - '62. Red's Good Groove,
in '62; Red Alert, in '77; Strike Up The Band, in '79; Red Alone, Alone With
The Blues.
13). Jamal,
Ahmad.
Jamal, Ahmad \ Ahmad Jamal lahir
dengan nama Fritz Jones di Pittsburgh pada tanggal 30 Juli.
Ahmad mulai bermain sambil
belajar di Sekolah Tinggi, dan kemudian melakukan tur sebagai pengiring.
Untuk alasan agama, ia
mengubah namanya dari Fritz Jones menjadi Ahmad Jamal.
Dia membuat debut
profesional di 'Blue Note Club Chicago' pada tahun 1951. Bersama group
Trio'nya, termasuk Ray Crawford pada gitar dan Eddie Calhoun pada bass, dan
mereka dicatat sebagai 'Ahmad Jamal Three Strings'. Gaya permainannya
menggunakan pendekatan 'spare' dan tehnik tipuan harmonisasi ringan, tidak
berbeda dengan gaya dari Count Basie, yang dikombinasikan dengan gaya Swing
dari Errol Garner. Permainannya menarik perhatian sejak awal.
Miles Davis pernah berkata
: "Semua inspirasi saya saat ini berasal dari Ahmad Jamal, seorang pianis
dari Chicago - yaitu cara dia menggunakan ruang pada lagu sehingga anda dapat
merasakan bagian Ritme dan Rhythm Section" .
Banyak dari LP Ahmad
dibuat grafik jazz. Beberapa membuat crossover ke tangga lagu pop Billboard LP
termasuk "But Not For Me" yang
direkam di Pershing Hotel di tahun 1958 dengan Israel Crosby pada bass dan
Vernell Fournier pada drum.
Rekaman lainnya yang
terkenal oleh Trio ini adalah "Poinciana".
Discography: But Not For Me, '58; Poinciana; Jamal at the Penthouse,
'59; Happy Moods; Listen to the Ahmad Jamal Quintet; The Awakening, 1970; Live
at Bubba's, '80; Live at the Montreal Jazz Festival, '85.
14).
Kelly, Wynton.
Kelly, Wynton \ Wynton Kelly lahir
di Jamaika pada tanggal 2 Desember 1931.
Dia
meninggal di Toronto, Kanada pada tanggal 12 April 1971.
Keluarga Wynton pindah ke
Amerika Serikat ketika ia berusia 4 tahun. Ia bermain dengan Eddie Davis di era
40'an. Dia didampingi Dinah Washington dan bermain dengan Dizzy Gillespie
sebelum dan sesudah dinas militer dari tahun 1952 s/d 1954.
Dia membentuk trio sendiri
di tahun 1958 dan bermain dengan Miles Davis dari tahun 1959 - 1963
menggantikan pianis Red Garland.
Permainnya selalu memiliki
gaya alami, alur ritmis dan dia unggul ketika bermain Blues. Dia mulai merekam
di bawah namanya sendiri pada tahun 1951 dan pada sesi Blue Note album lengkap
nya telah diterbitkan di Jepang sebagai "Piano Interpretasi oleh Wynton
Kelly". Setelah ia meninggalkan Miles Davis ia memimpin trio dengan Paul
Chambers dan Jimmy Cobb. Trio ini secara kontinyu bekerja sama dengan Wes
Montgomery.
Pada kenyataannya sebagian
besar penggemar Wes setuju bahwa ini adalah salah satu format terbaik untuk
permainan Wes. Ternyata benar, "Smokin at the Half Note" (dengan Wes)
adalah salah satu album yang melejit ditahun 1963 dan periode 1965.
Discography: "New Faces, New Sounds", Bluenote - 1951;
"Piano Interpretations by Wynton Kelly"; "Kelly Blue '59";
"Kelly Great" and "Kelly at Midnight"; "Wynton
Kelly"; "Undiluted, Smokin' at the Half Note"; "Blues on
Purpose"; "Full View"; "In Concert".
15).
Silver, Horace.
Silver, Horace \ Horace Silver Lahir pada tahun 1928.
Sebagai
Pianist dan komposer, Horace mulai sebagai murid Bud Powell seperti pada banyak
pemusik Jazz dari generasinya. Setelah bermain dengan Stan Getz Quartet, ia
mulai mengembangkan gaya permainan'nya sendiri. Kemudian bersama drummer Art
Blakey, ia mendirikan The Messengers Jazz.
Pada
tahun 1950'an ia menulis lagu untuk The Messengers Jazz seperti : Quicksilver,
Doodlin, Cookin at the Continental, Nica's Dream, dan khususnya The Preacher
yang lebih menyentuh "rohani" karena kombinasi yang funky antara
Gospel dan Blues.
Album awal dengan The Jazz Messengers seperti: A Night at Birdland, At the Cafe Bohemia dan Horace Silver & the Jazz Messengers, dan semua itu adalah lain daripada yang lain.
Album awal dengan The Jazz Messengers seperti: A Night at Birdland, At the Cafe Bohemia dan Horace Silver & the Jazz Messengers, dan semua itu adalah lain daripada yang lain.
Pada
tahun 1956 Horace meninggalkan group ini untuk membentuk Quintet sendiri
bersama teman-teman lama'nya, seorang tenor pria Junior Cook, Hank Mobley, Joe
Henderson dan Bob Berg - seorang trumpeter, Woody Shaw, Blue Mitchell, Art
Farmer, Tom Harrell - dan seorang
drummer Louis Hayes.
Gaya permain Horace adalah
perkusif dengan pendekatan dasar blues.
Selain lagu-lagu yang
disebutkan di atas, beberapa komposisi yang lain yang terkenal antara lain: Song for my
Father, Filthy McNasty, Senor Blues, The Cape Verdean Blues, Peace, The Jody
Grind, Nutville and Sister Sadie.
Discography: (with The Jazz Messengers), A Night at Birdland, At the
Cafe Bohemia, Horace Silver & The Jazz Messengers; The Stylings of Silver;
Silver's Serenade; Doin' The Thing; Six Pieces Of Silver; Song For My Father;
The Cape Verdean Blues and Silver & Wood.
16).
Jarret, Keith.
Jarrett, Keith \ Keith Jarrett lahir pada tanggal 8 Mei 1945
di Allentown, Pennsylvania. Keith mulai belajar piano klasik pada usia yang
sangat dini dan segera menjadi anak ajaib, melakukan konser pertamanya pada
usia 6 tahun.
Saat ia mengatakan dirinya
: "Saya dibesarkan dengan piano, saya belajar bahasa itu sementara itu aku
juga belajar untuk berbicara". Ia belajar di Berklee School of Music di
Boston dengan Ray Santisi yang permainannya sangat ia kagumi. Dia menghabiskan
banyak waktu menemani Vokalis dengan Trio-nya.
Tidak lama kemudian,
kepiawaian Keith segera terdengar oleh pemain saksofon Charles Lloyd. Dia
membuat rekaman bersama Lloyd di tahun 1966, saat event Monterey Jazz Festival
dan dirilis dengan judul "Forest Flower".
Permainan Keith pada album
rekaman ini membuktikan pada dunia yang sedang dilanda trend musik Jazz.
Pada 1967 ia membuat
rekaman dengan titel "Life Between the Exit Signs" dan dia sebagai pemimpin.
Pada tahun 1970 ia
menggantikan Chick Corea dengan Miles Davis di sebuah band yang termasuk
didalamnya Jack DeJohnette.
Album 'Live Evil' dimana
Miles Davis bermain pada lagu Fillmore terekam selama periode ini.
Dia merekam album solo,
The Koln Concert dan Solo-Concerts, Bremen & Lausanne pada tahun 1971 pada
perusahaan rekaman ECM yang juga tonggak album pada saat itu.
Musiknya sangat digemari
dan romantis, dan dari rekaman ini Jarrett mendapat penggemar baru diseluruh
dunia.
Setelah menggunakan semua
suara digital dan synthesizer dari tahun 1970, album solo konser Jarrett
menggunakan instrument grand piano dan ini menciptakan pasar untuk penggemar
suara grand piano lagi.
Baru-baru ini, ia telah
bekerja sama dengan bassist Gary Peacock dan teman drummer lamanya, Jack
DeJohnette untuk menghasilkan serangkaian rekaman standard.
Album
trio ini mengingatkan seni Trio Jazz yang lama tidak terdengar sejak album Trio
dari Bill Evans.
Discography: Charles Lloyd, Dream Weaver - Atlantic; Miles Davis,
Live/Evil - Columbia/CBS; Miles Davis, At Fillmore - Columbia/CBS; Facing You -
ECM; The Koln Concert - ECM; Solo - Concerts, Bremen & Lausanne, ECM; In
The Night - ECM; Luminescence - ECM; Arbour Zena - ECM; Ruta & Daitya -
ECM; Belonging - ECM; Expectations - Columbia; Fort Yawuh - Impulse; Treasure
Island - Impulse; Birth - Atlantic; Death and the Flower - Impulse; Backhand -
Impulse; Mysteries - Impulse; Shades - Impulse; Staircase - ECM.
17).
Garner, Errol.
Garner, Errol \ Errol Garner lahir pada 15 Juni 1921 di
Pittsburgh, Pennsylvania.
Dia meninggal di Los
Angeles pada tanggal 2 Januari 1977.
Errol adalah seorang
pianis otodidak, dengan rasa humor yang tinggi, feel Swing yang bagus dan
melodi yang indah, membuatnya menjadi salah satu artis jazz yang paling
populer.
Errol tidak pernah belajar
untuk membaca notasi musik.
Dia melakukan tur dan
direkam bersama dengan Charlie Parker, Slam Stewart dan lain-lain. Dia
mengembangkan gaya yang sangat khas yang melibatkan permainan harmonisasi chord
pada tangan kiri dalam 4 nada bergaya harmoni chord gitar.
Sementara itu tangan kanan
sering memainkan melodi dengan kombinasi oktaf dengan ketukan yang
"menyeret" (ketukan quint-plet).
Dia memenangkan banyak
jajak pendapat tentang Jazz dimulai dengan Esquire New Star di tahun 1946.
Pada
tahun 1954 ia menulis balada abadi, Misty. Kata-kata yang ditambahkan oleh
Johnny Burke. Sarah Vaughan memiliki hit pertama meskipun telah hit selama lima
kali. Pada 1956 konser outdoor di
Carmel, California direkam dan akhirnya dirilis dengan titel "Concert By The Sea" pada tahun
1958. Ini menjadi salah satu album jazz terlaris pada dekade itu. Errol adalah
musisi Jazz pertama yang dipesan oleh impresario klasik Sol Hurok pada tahun
1958. Pada tahun 1971, dia merekam ulang lagu Misty untuk film Clint Eastwood
"Play Misty For Me".
Discography: Concert By The Sea, '58; Dream Street, '61; One World
Concert, '63; Greatest Garner; Paris Impressions; Campus Concert, '62; A Night
At The Movies, '64; Plays Gershwin and Kern.
18).
Corea, Chick.
Corea, Chick \ Chick Corea lahir di Boston, Massachusetts
pada tahun 1941.
Ayahnya adalah seorang
musisi jazz. Pengaruh paling awal adalah Horace Silver dan Bud Powell. Latihan
awal piano klasiknya dimulai dari repertoire dari Debussy, Bartok, Stravinsky,
dan Ravel.
Pada awal tahun 1960'an ia
bermain dalam gaya Latin dan Afro-Cuban (group-group seperti Mongo Santamaria,
Willie Bobo dan Herbie Mann). Kemudian dalam dekade 60'an, Chick bermain dengan
Blue Mitchell dan Stan Getz.
Dua dari komposisinya,
Litha dan Windows, yang direkam pada sesi untuk "Sweet Rain". Waktu
yang dihabiskan dengan group Miles Davis selama masa transisi ke jazz-rock,
Chick berbagi tugas Keyboard Synthesizer dengan Joe Zawinal pada album seperti
'Bitches Brew' dan 'In a Silent Way'. 'Tones for Joan Bones', sebuah album
dengan Woody Shaw, Joe Farrell dan Joe Chambers, direkam pada tahun 1960'an,
memamerkan gaya bermain energik ciri khas Chick Corea.
Pada tahun 1970 ia
membentuk group 'Circle' dengan Anthony Braxton, Dave Holland dan Barry
Altschul dan teman-teman lainnya, dan ini mulai memberi perubahan arah untuk
saling bebas. Merasa terbatas dan terbelenggu, Chick meninggalkan grup ini pada
tahun 1971, kemudian merekam beberapa Album Solo untuk perusahaan rekaman ECM.
Album Light As A
Feather, menampilkan lagu paling terkenal Chick
sampai saat ini yaitu "Spain" yang merupakan Samba dengan melodi yang
mengalir dan mengesankan yang diselingi oleh permainan unison dari 3 instrument
yaitu : piano, bass dan drum.
Lagu terkenal lainnya dari
Chick Corea adalah: What Was; Windows; Armando's Rumba; Open Your Eyes,
You Can Fly; Senor Mouse; Times Lie.
Group 'Return to Forever'
menampilkan Joe Farrell pada Reed, Stanley Clarke - bass, Airto Moreira -
perkusi, penyanyi asal Brasil Flora Purim dan tentu saja Chick Corea pada
keyboard Syntesizer dan piano.
Discography: Now He Sings, Now He Sobs; Sweet Rain (with Stan Getz); In
a Silent way and Bitches Brew (with Miles Davis); Light As A Feather (with Gary
Burton);
19).
Tyner, McCoy.
Tyner, McCoy \ McCoy Tyner lahir di Philadelphia pada
tahun 1938.
McCoy Tyner telah menjadi
salah satu 'Icon' yang paling penting dan kreatif sejak awal tahun 1960'an.
Dia benar-benar dapat
disebut inovator gaya pianistic, dalam arti orang menyebut Tyner identik dengan
piano, seperti Coltrane identik dengan
Saxophone.
Dia datang dari latar
belakang musik, belajar musik di Universitas dan pada tahun 1959 mulai bermain
dengan Art Farmer dan Benny Golson.
Pada tahun 1960 ia
bergabung dengan John Coltrane Quartet dan menjadi bagian integral dari group
yang bersejarah. McCoy sangat banyak
memberikan kontribusi nada dari Trane's Quartet.
Gaya khas pianistic'nya
mengembangkan gaya 'Voicings' 3 not (triplet), bergerak dalam berbagai gerakan
paralel, sering dimainkan lebih rendah disertai penggunaan pedal. Pendekatannya
terhadap rhitmik piano, kedua tangan bekerja berirama satu sama lain.
Penggunaan nada-nada diluar Tangga Nada menghasilkan nada-nada 'outside' dan
bertentangan dengan teori harmoni konvensional.
McCoy tetap bermain
bersama Coltrane selama lima tahun. Ia menghabiskan lima tahun ke depan, dia
keluar dari pekerjaan dan pada kenyataannya dia bekerja sebagai pengemudi
taksi.
Selama periode ini, ia
kerja sampingan untuk artis lain. Album "The Real McCoy", dirilis
pada periode ini bersama dengan saxophonist Joe Henderson, menunjukkan bahwa
kreasi komposisi'nya adalah yang terbaik. Ketika ia menandatangani kontrak
dengan Milestone Records pada tahun 1972, karirnya naik kembali dengan merilis
album debutnya yaitu Sahara".
Sebuah semangat religi
yang mendalam dan dengan penuh ketulusan hati, McCoy menjadi Muslim sejak usia
18 tahun.
Discography: The Real McCoy, Time for Tyner, Extensions, Expansions,
Trident, Sahara, A Love Supreme, Live at the Village Vanguard, Coltrane, Juju.
20).
Brubeck, Dave.
Brubeck, Dave \ Dave Brubeck lahir
di Concord, California pada tgl 6 Desember 1920. Dia adalah seorang mahasiswa
dari Darius Milhaud dan Arnold Schoenberg.
Brubeck
memiliki gaya harmonisasi yang kompleks. Dia telah mengkombinasikan banyak
teori klasik ke jazz, terutama nada, birama yang tidak biasa dan Counterpoint.
Gaya dan nuansa lagu-lagu dari Chopin, Beethoven dan Bach dapat ditemukan dalam
karya-karya'nya.
Sebuah album solo piano
dirilis diawal karirnya, beberapa komposisinya menonjolkan gaya "The
Duke". Ini didedikasikan untuk Duke Ellington, dan merupakan komposisi
piano solo yang sangat unik. Karena ini adalah pendekatan dari Classic Jazz, ia
telah sedikit diremehkan oleh para kritikus, sementara pada saat yang sama
terbukti sangat populer di masyarakat dan dia menjadi tokoh yang 'dikeramatkan'
pada tahun 1950'an.
Di San Francisco pada
akhir tahun 1940'an, ia meluncurkan Album Quartet yang begitu terkenal dengan
peniup Altoist Paul Desmond.
Quartet ini melejit dan
menjadi terkenal, dan menghasilkan penjualan besar dari hasil rekaman, umumnya
menampilkan lagu-lagu Standard terkenal.
Brubeck muncul di sampul
majalah "Time". Kemudian ia mulai mengeksplorasi dan bereksperimen
dengan Time-Signature (Birama) yang tidak biasa, seperti pada lagu-lagu yang
terkenal : "Take Five" di 5/4 (yang ditulis oleh Paul Desmond), dan "Blue
Rondo A La Turk" dengan Birama 9/8, dan
muncul pada Album 'Time Out'.
Album Dave Brubeck Quartet
direkam setelah tur dunia yang luas, termasuk lagu-lagu berbasis musik etnik
dari Afghanistan, Turki dan Calcutta. Ia membuat komposisi untuk Cantatas,
Oratorios dan Symphonic Pieces. Beberapa dari mereka menampilkan Quartet Jazz
dengan Orkestra.
Baru-baru ini, dia tampil
bersama anak-anaknya, Darrius, Chris dan Daniel sebagai kelompok yang diberi
nama 'Two Generations of Brubeck'.
Discography: Brubeck,
Adventures in Time, Time Out, Columbia / CBS; Waktu lanjut Out, Columbia / CBS;
Dave Brubeck Quartet, Columbia / CBS; Tayangan Jazz Of Japan, Columbia / CBS;
Brubeck & Desmond, The Duets A & M; Paul Desmond Quartet Hidup, A &
M. Refleksi, Summit Sesi, Quartet 25th Anniversary.
21).
Powell, Bud.
Powell, Bud \ Bud Powell, adalah pianis terkemuka Bebop
dan salah satu pemain paling mengharukan dalam dunia jazz.
Miles Davis menyebutnya
"pemain piano muda terbesar di dunia yang bisa bermain, menulis dan
membaca semua jenis not musik.
Sebanding dengan Billie
Holiday dalam hal dampak emosional, inovasi teknis Bud yaitu membentuk dasar
Piano Jazz modern.
Antara tahun 1947 s/d
1953, dia adalah pemain piano yang paling sangat kreatif dari Bebop, dan
powerfull dalam mengendalikan feel seperti Charlie Parker.
Album piano pertamanya,
The Bud Powell Trio, adalah terjemahan yang sempurna dari gaya Parker pada
keyboard, dan lagu-lagu Uptempo seperti Bud's Bubble atau Indiana menunjukkan kecepatan imajinasi'nya
dalam bermain pada berbagai ritmis yang menyaingi Art Tatum.
Pada tahun 1946, seorang
tukang pukul di sebuah klub meretakkan kepala Bud dengan tembakan pistol. Dan
dia tidak pernah minum tapi sekarang dia mulai minum minuman keras. Minum
seperti itu bukan gaya'nya. Kemudian Bud mulai bertingkah gila dan pergi selama
berminggu-minggu tidak berbicara kepada siapa pun, termasuk ibunya dan
teman-temannya. Akhirnya ibunya mengirimnya ke bangsal psikiatri Bellevue di kota
New York Mereka mulai memberinya terapi
kejut. Mereka benar-benar berpikir dia gila. Setelah mendapat terapi kejut, Bud
tidak pernah sama seperti sebelumnya, sebagai musisi dan sebagai pribadi. Dari
tahun 1954 permainan Powell menjadi tidak konsisten. Dia tampaknya telah
kehilangan performa dan keahlian'nya bermain piano (kecepatan dan ketepatan),
meski imajinasi dan feel bermusik itu masih ada.
Pada tahun 1959, ia pindah
ke Paris di mana ia bekerja sama dengan Dexter Gordon untuk album 'Our Man in
Paris'. Dia juga direkam dengan Coleman Hawkins
(Hawk di Jerman) dan Johnny Griffin (Hot House). Check out
Straight No Chaser dari yang terakhir. Pada
tahun 1966, ia kembali ke New York di mana ia meninggal beberapa waktu
kemudian.
Discography: The Bud
Powell Trio, The Vintage Years, The Amazing Bud Powell (Vols. 1 & 2),Ups
'N' Downs, Our Man in Paris, Hawk in Germany, Hot House, Earl Bud Powell.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar